Kamis, 01 Oktober 2009

Aspek Merek dalam Internet Commerce

E-commers
JANI p

June 9, 2009, Tuesday
 KAITAN MEREK DENGAN INTERNET COMMERCE
a) Merupakan identitas dari setiap komoditas yang dipasarkan di internet commerce. Kaetika kita mencari barang, maka yang dicari atu ditunjuk adalah mereknya.
Merek di internet adalah :
Tanda yang mempunyai pembeda yang melekat pada komoditas. Jadi ketika kita melakukan transaksi di internet. Maka komoditas yang dibeli selalu ada mereknya/selalu dilekati merek.
 KAITAN MEREK DENGAN NAMA DOMAIN
Rata – rata pengusaha merek itu, menjadikan nama mereknya sebagai nama domain dari merek.
Tujuan produsen berdagang dengan menggunakan domain merek adalah :
1. Supaya mendekatkan diri dengan konsumennya
2. Merek sebagai aspek perlindungan pada konsumen, supaya konsumen tidak dirugikan karena sesat, karena komoditas nya yang ada mereknya sebagai unsur pembeda di masyarakat. Unsur pembeda sebagai aspek perlindungan kepada konsumen
3. Merek di nama domain supaya konsumen menjadi yakin bahwa dia diarahkan ke website resminya komoditas merek itu.
 NAMA DOMAIN ADALAH
Alamat suatu situs yang akan menentukan lokasi seseorang
 NAMA DOMAIN VERSI BU JANI
Alamat yang bisa mendirect anda pada suatu lokasi tertentu.
Contoh : Panasonic.com  ini merupakan versi alfa numeric.
Jadi computer itu yang ditampilkan merupakan refleksi dari bahasa programnya. Bahasa asli Panasonic.com ya 2434435. Kayak nomer telpon gitu dueh. Maka jika kita menemukan domain name Panasonik, pasti versi numeriknya berbeda.
 PERSOALAN PENERAPAN REGIM MEREK UNTUK PENGATURAN NAMA DOMAIN
misalnya ada : klik.bca sama click.bca terus ada SONY dan SUNNY
Namun jika merek SONY dan SUNNY terjadi pelanggaran, menurut domain hukum merek. Jika nama domain  bukan pelanggaran merek, karena ketika kita ketik Panasonic.com dengan panasonik.com maka akan sampai pada situs yang berbeda/tidak sama.

Klasifikasi domain name tahun 1985-1990
1. TOP Level
com, edu, gov,mil, net
2. SECOND Level
Co .id ed .go .or
Sekarang perkembangannya tidak dua ajah tapi lebih.
Dahulu
1. Pilih satu Negara
Bagaimana pengatran domain name di Indonesia?
Siapa? Kewenangan siapa? Bagaimana cara mendapatkannya?
2. Klarifikasi Domain name yang terkini
Ini yang ada sekarang, menurut sturkturnya.
• Tantri code
• CCTDl
• Kalo yan TOPlevel itu apa aja, kalo yang secondary level itu apa saja.
3. Modus sengketa domain
1. Apa nama sengketanya, tunjukkan modusnya spot sengketa domain
2. Ceritakan modusnya
3. Contoh kasusnya
4. Penanganan kasusnya

 SENGKETA DOMAIN NAME
1. Domain Grabbing
2. Domain Hijacking
3. Cyber Squatting
4. Dilution Domain
5. Typosquatting
 DOMAIN GRABBING
Pihak – pihak lain sengaja mendaftarkan nama – nama yang kan booming. (merampas nama domain yang bukan miliknya. Dan kemudian cepet – cepet didaftarkan.
Contoh :
Megawati.com, didaftarkan ama orang yang bukan megawati.
 DOMAIN HIJACKING
Diarahkan ke situs yang seolah – olah benar, tapi aslinya nama domainnya sama. Tdak apa – apa kan, tapi kan isinya berbeda. Jadi misalnya situs KPPU di acak – acak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar